Pentingnya Memakai Helm Saat Touring

Rekomendasi Helm Touring

Perjalanan touring motor akan lebih safety jika menggunakan apparel yang sesuai standar. Medan jalanan yang sering kali belum dipahami membuat peserta touring harus mempersiapkan peralatan secara detail. Hal yang sering kali terlupakan adalah penggunaan helm. Pengendara motor biasa pun kadang lupa untuk menggunakan pelindung kepala ini. i.

Pentingnya Pakai Helm

Pentingnya Pakai Helm

Kebanyakan pengendara motor kurang paham terhadap risiko yang bisa ditimbulkan bila terjadi kecelakaan motor tanpa menggunakan helm. Potensi kecelakaan di jalan raya sangat bisa terjadi karena masih seseorang tidak bisa diprediksi.

Munculnya kesadaran untuk menggunakan helm harus berasal dari dalam diri sendiri. Dengan demikian, keselamatan dalam mengendarai motor terjaga dan meminimalisir risiko saat terjadi kecelakaan. Apalagi untuk pengendara baru, perlu mengetahui fungsi helm sebagai pelindung batok kepala.

Fungsi Memakai Helm

Bentuk helm sangat sederhana, namun fungsinya sangat krusial. Pengendara motor usia belia biasanya membeli helm hanya untuk gaya-gayaan, sementara fungsinya sendiri belum begitu paham. Berikut penjelasan fungsi utama helm dalam berkendara:

1. Aksesoris Berkendara

Peraturan tentang penggunaan helm sudah tertulis secara hukum, jadi jangan lupa untuk menggunakan helm agar tidak kena tilang. Selain melindungi diri, bentuk dan warna helm yang beraneka ragam bisa membuat pengendara lebih stylish. Untuk melindungi rambut dari debu, helm juga berfungsi untuk itu.

2. Head Safety

Otak dilindungi oleh tempurung tengkorak keras, tapi tempurung juga bisa cedera jika terbentuk benda keras. Untuk melindungi tempurung dan bagian kepala lainnya, rider membutuhkan helm. Karena perihal apes, tidak bisa diprediksi kapan datangnya.

3. Pelindung Indra Penglihat

Mata adalah bagian tubuh yang harus tetap waspada di jalan raya. Apalagi jika sedang touring jarak jauh, mata sering kali terasa lelah, belum lagi debut dan kotoran tak terduga yang masuk ke dalam mata. Pastikan aksesoris helm lengkap, termasuk juga kaca depan yang harus ditutup saat berkendara.

Rekomendasi Helm Touring

Rekomendasi Helm Touring

Apparel menjadi pertimbangan utama ketika akan melakukan touring jauh. Survey di lapangan membuktikan bahwa kecelakaan lalu lintas para rider kebanyak menimbulkan cedera pada bagian leher ke atas. 

Bukan hanya sekedar gaya, pembelian apparel juga harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan di dunia riding. Berikut ada 5 saran helm touring ternyaman dan terbaik:

1. Arai Tour Cross

Produk besutan Negara Sakura ini kulitasnya mampu bersaing dengan helm touring di kelasnya. Harganya sendiri tidak main-main, dibanderol dengan harga 8,5 hingga 9,5 juta rupiah.

Arai Tour Cross didesain sebagai helm full wajah dengan style supermoto. Bantalan pada helm bagian dahi terasa sangat nyaman, bagian ini juga bisa lepas pasang jika ingin membersihkannya. Tak salah lagi, pengendara agan bergaya sporty jika mengenakan Arai Tour Cross. Apalagi pada bagian wajah, bantalan pipi terstabilisasi aerodinamika.

2. Nolan N44

Nolan N44 sebagai helm ciptaan Italia ini tak kalah nyamannya. Berbicara soal desain, Nolan N44 terbilang lebih unik karena bentuknya bisa berubah. Bisa didapatkan di kisaran harga 4,5 juta hingga 5 jutaan rupiah.

Nolan N44 berbentuk full wajah yang bisa dirubah menjadi tipe separuh wajah, karena cangkang bagian depan bisa dilepas pasang. Hal ini membuat nyaman pengendara yang kurang nyaman menggunakan helm tipe full wajah.

3. Nolan N90-2

Ada helm Nolan dengan tipe lebih ekonomis. Nolan N90-2 cocok bagi pengendara yang hobi berkendara dengan kilometer tinggi yang bisa dimahar dengan 4 jutaan rupiah.

Dilihat dari desain, Nolan N90-2 didesain modular tipe flip up dimana cangkang depannya menyerupai helm separuh wajah. Meski masuk dalam kategori modular, Nolan 90-2 dibuat dengan bahan yang nyaman.

Terdapat ventilasi di ujung atas helm yang memberikan sirkulasi udara. Busa-busa helm yang pas di pipi membuat penggunanya merasakan kenyamanan saat memakai helm. 

4. RSV SV 500

Indonesia tidak mau kalah dengan produksi helm. Helm lokal yaitu RSV SV 500 adalah pengembangan dari tipe sebelumnya yaitu RSV FF 500. Produk besutan anak Bangsa ini disempurnakan dengan sistem ventilasi sehingga sirkulasi di dalam helm terjadi dengan baik.

Merk RSV melengkapi tipe yang satu ini dengan visor ganda yang melindungi pandangan pengendara motor dari silaunya matahari. Meski tak semahal Arai dan Nolan, namun RSV membanderol SV 500 juga tak kalah merogoh kocek. Tipe SV 500 bisa dimiliki seharga 900 ribu hingga sejuta.

5. KYT TT Course

Tipe TT Course cukup ringan digunakan menilik barang ini adalah helm untuk touring. Bobot yang tidak berat membuat bagian leher ke atas tidak membutuhkan effort yang luar biasa saat sedang menggunakan produk ini.

Bongkar pasang di dalam helm memudahkan pemilik untuk mencucinya. KYT TT Course tersedia dalam banyak warna dan motif, sehingga penggunanya akan tampil trendy dengan helm tipe ini. Tahun ini diketahui KYT TT Course Overtech dijual seharga 1 juta hingga 3 jutaan rupiah.

Tips Membeli Helm

Membeli helm bisa dibilang kegiatan yang susah-susah gampang. Tips utama untuk membeli helm adalah mendatangi dealer resmi untuk menghindari penjualan helm abal-abal yang tidak sesuai standar. Dealer resmi tidak hanya menjual helm, melainkan semua apparel pengendara juga disediakan.

Bijaklah menjadi seorang pembeli. Harga yang tinggi juga memberikan benefit yang lebih banyak dari pada barang tembakan. Lebih dari itu, membeli apparel yang memenuhi standar akan membuat pengendara lebih safety.

You May Also Like

About the Author: admin