Perbedaan Stiker Kiss Cut dan Die Cut yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan Stiker Kiss Cut dan Die Cut

Dalam dunia percetakan terdapat teknik pemotongan label melalui proses kiss cut dan die cut. Perbedaan stiker kiss cut dan die cut yaitu pada proses pemotongan, dimana teknik tersebut menggunakan mesin cutting sticker yang berbeda sesuai desain label.

Oleh sebab itu, sebelum membuat stiker alangkah baiknya memahami terlebih dahulu apa itu stiker kiss cut dan apa perbedaannya dengan stiker die cut. Hal ini bertujuan agar kamu tidak salah dalam membuat desain stiker.

Perbedaan Stiker Kiss Cut dan Die Cut

Perbedaan Stiker Kiss Cut dan Die Cut

Tidak semua desain menggunakan mesin cutting stiker yang sama dalam proses pemotongannya. Melainkan tergantung bentuk desain stiker itu sendiri, ada yang menggunakan metode kiss cut maupun die cut.

Stiker Kiss Cut

Stiker Kiss Cut adalah teknik pemotongan stiker dengan melakukan tekanan pada pisau cutting. Teknik ini hanya memotong bagian kertas vinyl saja. Sehingga proses pemotongan dengan teknik kiss cut dibatasi hanya sampai lapisan kedua saja. Sedangkan bagian belakang kertas tidak terpotong.

Bagian paling belakang atau dasar stiker biasanya berbentuk persegi empat, persegi panjang atau bentuk lainnya. Dimana jenis stiker kiss cut ditujukan untuk penjualan set atau lembaran.

Stiker Die Cut

Menggunakan alat yang disebut Die tool, proses pemotongan stiker die cut, mengikuti bentuk desainnya. Namun, kamu harus lebih hati-hati dan teliti saat memotong label dengan teknik die cut agar hasilnya presisi sesuai bentuk desain stiker.

Untuk memudahkan dalam proses pemotongan sebaiknya menggunakan alas karet pada permukaan stiker. Fungsi dari alas karet agar saat pemotongan bagian kertas label tidak tersangkut pada alat.

Proses selanjutnya yaitu melakukan pengecekan posisi kertas stiker sebelum melakukan pemotongan. Pastikan posisi kertas stiker dengan cetakan sudah pas. Setelah lembar stiker dimasukkan ke dalam alat pemotong otomatis maka stiker dipotong lembar per lembarnya.

Dari penjelasan stiker kiss cut dan die cut di atas, tentunya sudah ada gambaran kan, bahwa mesin cutting sticker berbeda jenis teknik pemotongannya. Selain itu dalam proses penempelan stiker juga berbeda.

Stiker kiss cut langsung ditempelkan pada media secara perlahan untuk menghindari gelembung. Sedangkan, stiker die cut membutuhkan alat seperti penggaris untuk menggosok label agar bisa menempel pada media yang dikehendaki.

Oleh sebab itu, dalam proses pemasangan stiker pun harus lebih berhati-hati. Perhatikan juga untuk tidak salah menggunakan alat pemotong stiker otomatis.

Jika kamu sedang mencari mesin pemotong stiker untuk kebutuhan percetakan maka bisa cek terlebih dahulu harga mesin cutting sticker di maxipro.co.id.

MESIN Cutting Sticker Terbaik di Maxipro

Maxipro.co.id adalah distributor mesin percetakan terbaik dan berkualitas dengan harga mesin cutting sticker yang terjangkau. Salah satu produk yang tersedia yaitu Mesin Label Cutting Sticker multifungsi.

Dimana Mesin Label Cutting Sticker dapat memotong sticker sesuai desain dengan tepat, rapi dan presisi. Serumit apa pun desainnya, mesin ini mampu bekerja dengan sangat baik.

Hal tersebut karena pisau mesin diprogram agar dapat bergerak mengikuti pola desain yang sudah dibuat. Baik itu stiker dengan bentuk logo, gambar maupun desain khusus sesuai permintaan customer.

Menariknya lagi, Mesin Label Cutting Sticker tidak hanya untuk memotong label, akan tetapi dapat digunakan untuk memotong kartu ucapan, kartu nama, atau poster dengan jenis kertas vinyl, HVS, bontax, dan polyflex.

Adapun beberapa fungsi yang dimiliki Mesin Label Cutting Sticker, diantaranya:

  1. Memotong stiker untuk digunakan pada packaging atau kemasan produk.
  2. Untuk membuat kartu undangan.
  3. Membuat stiker khusus untuk interior maupun exterior kendaraan.
  4. Bisa digunakan untuk membuat amplop khuuus hari besar keagamaan dan souvenir.
  5. Memotong logo untuk kebutuhan merchandising.
  6. Cocok juga untuk custom produk craft.
  7. Dapat memotong stiker untuk kebutuhan advertising perusahaan.
  8. Menghasilkan produk dekorasi ruangan yang menarik.

Demikian informasi mengenai perbedaan stiker kiss cut dan die cut yang perlu kamu pahami. Untuk memudahkan pekerjaan saat memotong stiker, kamu dapat menggunakan mesin cutting sticker otomatis agar hasil lebih presisi dan tidak memakan banyak waktu.

You May Also Like

About the Author: admin