14 Teknik Dasar Fotografi yang Wajib dikuasai Fotografer Pemula

Teknik Dasar Fotografi yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Pemula

Teknik dasar fotografi yang wajib dikuasai fotografer pemula, menjadi tolak ukur kemampuan masing-masing dan memang harus segera dikuasai jika ingin meningkatkan kemampuan memotretnya yang lebih tajam dan menarik.

Namun sebagai pemula, kita tidak serta-merta bisa dan langsung ahli, ada tahapan serta beberapa list pengetahuan agar tidak sampai salah langkah ketika mempelajarinya. Yuk kita belajar bersama di sini, bagaimana sih belajar teknik dasar fotografi?

Banyak sekali ilmu yang harus kita gali, terutama bagi yang tidak pernah pegang kamera, baik kamera digital, kamera model lawas yang masih pakai Kodak, bahkan ada juga yang bisa belajar berfoto hanya dengan menggunakan kamera HP. Yuk baca info penting di sini ya!

Teknik Dasar Fotografi yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Pemula

Teknik Dasar Fotografi yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Pemula

Langusng saja kita bahas banyak teknik fotografi yang bagus untuk dipelajari para pemula ada apa saja sih? Banyak banget loh, di sini ada 14 teknik, yuk intip:

1. Teknik Panoramic

Memainkan kamera dengan menggunakan teknik Panoramic, sebenarnya tujuannya adalah saat memotret gambar akan tampak memanjang horizontal. Gambar dengan memanjang sangat cocok untuk mengisi gambar website dan lainnya, berbeda dengan gambar yang berbentuk kotak, cocok untuk galeri.

2. Teknik High Key Photography

Kedua, Anda juga bisa mempelajari teknik High Key Photography yang mempunyai tujuan untuk menghilangkan atau mengurangi bayangan gelap saat gambar jadi.

3. Teknik Minimalist

Ketiga, ada teknik dasar minimalist, teknik ini ingin memfokuskan beberapa objek, dengan memberikan latar belakang yang kosong atau pencahayaan yang lebih cerah. Sehingga objek akan tampak jelas terlihat, dan bahkan tampak lebih kecil.

4. Teknik Infrared

Anda juga bisa menggunakan teknik Infrared, namanya sudah kentara, yaitu ada kata red, dan infra. Sehingga dalam hal ini tekniknya adalah memanfaatkan pencahayaan infra merah supaya gambar lebih terkesan ada warna merahnya, namun butuh teknik khusus, jadi tidak sembarang orang bakal bisa.

5. Teknik Tilt Shift

Kelima, Anda juga bisa menggunakan teknik Tilt Shift namun butuh lensa khusus dan juga harus digerakkan dengan teknik tertentu. Pemula wajib mempelajarinya jika ingin bisa menjadi lebih profesional.

Di sini, akan menghasilkan gambar yang lebih fokus dengan latar belakang yang terkihat blur, sangat menarik bukan?

6. Teknik Silhoettes

Berikutnya ada teknik dasar Silhoettes, gambar dengan paduan warna siluet bisa tampak di depan Anda jika menggunakan teknik ini. Caranya bagaimana? Mempelajari perpaduan cahaya yang saat itu sedang ada, tentunya biasanya untuk pemandangan yang menakjubkan.

7. Teknik Macro

Teknik berikutnya ada macro, di mana kata macro biasanya objek kecil akan tampak lebih besar saat di foto. Karena sasarannya adalah objek-objek kecil untuk fokusnya. Tapi yang perlu Anda ketahui, teknik ini membutuhkan alat khusus, seperti lensa macro dan lain-lain.

8. Teknik Montion Blur

Masih pada teknik fotografi yang bagus, Anda bisa mencoba teknik Montion Blur. Ini hampir mirip dengan yang tadi, yaitu menggabungkan teknik menggerakkan kamera agar terdapat efek ngeblur pada bagian backround, namun harus ada teknik serta alat khusus supaya objek tetap terekam dengan baik.

9. Teknik Long Exposure

Memberikan efek warna-warni pada objek yang akan Anda ambil gambarnya. Adapun tekniknya yaitu, pada bagian shutter tetap Anda tekankan dan dijaga untuk terbuka dalam durasi beberapa waktu. Sehingga akan muncul beberapa warna yang bisa menampakkan Keindahan yang tak biasa.

10. Teknik Black and White

Masih pengin mengerti teknik selanjutnya? Ada teknik Black and White teknik ini sebenarnya lebih sederhana, namun membutuhkan kamera digital khusus, karena ada tombol yang harus diaktifkan, agar menimbulkan kesan warna hitam putih, yaitu pengaturan monokrom pada kamera.

11. Teknik High Speed

Masih kurang kah? Kita bisa ketemu teknik High Speed juga nih, yaitu sebuah teknik untuk menepatkan sasaran dengan mengandalkan kecepatan namun bisa tepat waktu dalam memotret. Biasanya digunakan pada fotografer agar bisa menangkap air yang tumpah, agar proses tumpahnya tetap tampak.

12. Teknik Flash Photography

Bermain-main dengan pencahayaan flash, di mana Anda sebagai pemula harus berusaha belajar dengan maksimal, agar bisa menghasilkan karya apik yang bernilai tinggi. Belajar dengan teknik ini sangat penting, karena akan berpengaruh pada teknik-teknik dasar lainnya.

13. Teknik HDR

Tidak lupa pula, kita harus mengenal teknik HDR atau yang biasa kita kenal dengan high dynamic range, menggabungkan beberapa tone cahaya yang berbeda, namun harus dalam satu fokus. Sehingga perpaduan cahaya ini masih bisa dipelajari dan menimbulkan makna dan tampilan yang menarik.

14. Teknik RAW Processing

Terkahir, Anda juga bisa menggunakan teknik RAW Processing, di mana hasil jepretan dari teknik ini lebih ke tampilan murni. Anda tidak boleh melakukan compress pada hasil foto, karena akan mengurangi Keindahan hasil pemotretan yang telah dilakukan.

Dari sekian banyaknya, tentu saja 14 teknik ini masih dalam kategori teknik dasar. Sehingga pemula pun disarankan untuk bisa menguasainya.

Cara foto yang benar dan teknik fotografi untuk pemula sangat harus diajarkan agar kualitas para fotografer kian meningkat, dan tidak ketinggalan zaman. Nah cara foto yang benar, sebagian tekniknya sudah dikupas tuntas. Semoga artikel ini bisa memuaskan Anda sebagai pembaca yang budiman.

You May Also Like

About the Author: admin