Tips Melamar Pekerjaan dengan Cepat Diterima oleh HRD

BikinCV.com, Solusi Fresh Graduate Bikin CV Profesional, Tips Melamar Pekerjaan dengan Cepat Diterima oleh HRD

Perihal melamar pekerjaan dan lowongan pekerja tidak pernah sepi peminat. Lalu berlanjut dengan pertanyaan mengenai contoh surat lamaran pekerjaan yang paling sering dillirik oleh HRD. Dan akan terus berlanjut ke topik pembahasan agar bisa diterima dengan cepat.

Entah kenapa pembahasan ini tidak pernah ada habisnya, meskipun seseorang sudah pernah memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Seakan-akan tidak ada aturan baku yang bisa dijadikan acuan seseorang agar bisa diterima bekerja dengan mudah di suatu instansi.

Baik itu aturan baku untuk contoh surat lamaran pekerjaan ataupun kriteria lainnya. Hingga pada satu titik pembahasan yang menyebutkan bahwa harus ada orang dalam jika ingin cepat diterima bekerja. Pemaknaan orang dalam ini pun bisa berbeda-beda antara satu dan lainnya.

Lalu sebenarnya adakah tips melamar pekerjaan dengan cepat diterima? Ataukah memang benar bahwa harus ada orang dalam? Lalu orang dalam seperti apa yang dimaksud?

Tips Melamar Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Tips Melamar Pekerjaan dengan Cepat Diterima oleh HRD

Tips dan trik akan selalu dilirik demi mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi. Meskipun tidak jarang menuai kekecewaan setelah menerapkan tips dan trik yang disarankan. Tapi setidaknya dengan menerapkannya maka peluang untuk diterima akan semakin besar.

Inilah beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar peluang agar dapat dengan cepat diterima.

1. Terapkan Metode ATM pada Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dan CV

Dengan metode ATM maka contoh surat lamaran pekerjaan akan semakin berkualitas. Metode Amati, Tiru, dan Modifikasi sudah sering dilakukan dalam berbagai hal dalam kehidupan ini.

Ada yang hanya menerapkannya sampai menirukannya saja tanpa memodifikasi. Hal ini dikarenakan karena ia menganggap bahwa seseorang cukup menirukannya secara sempurna dan konsisten melakukannya untuk bisa mendapatkan hasil terbaik.

Dengan konsisten maka tanpa perlu memodifikasi pun akan memberikan hasil maksimal. Akan tetapi ada yang berpendapat bahw meniru saja tidak cukup.

Hal ini dikarenakan ia menganggap bahwa seseorang harus memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri agar bisa digunakan sebagai pembeda dari lainnya dan sebagai nilai jualnya yang tinggi.

Contoh surat lamaran pekerjaan yang baik akan menjadi semakin baik ketika kamu menerapkan metode ATM. Untuk contoh surat lamaran pekerjaan yang baik bisa kamu cari di internet. Sesuaikanlah contoh surat lamaran pekerjaan dengan kondisimu saat ini.

Ketika kamu mencari contoh surat lamaran pekerjaan di internet, maka akan ada banyak hasil yang ditampilkan. Akan tetapi kamu perlu mencermati setiap kalimat yang digunakan dalam contoh surat lamaran pekerjaan tersebut.

Pada umumnya ada perbedaan kalimat yang digunakan pada contoh surat lamaran pekerjaan bagi yang sudah berpengalaman, baru saja lulus sekolah, dan instansi yang dilamar. Jangan sampai kamu salah mencontoh surat lamaran pekerjaan.

Selain contoh surat lamaran pekerjaan, kamu juga perlu menerapkan metode ATM untuk contoh CV yang akan kamu tirukan. Masukkanlah seluruh keterampilan yang kamu miliki ke dalam CV. Terutama keterampilan yang mendukungmu untuk melamar posisi tersebut.

Hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat CV yaitu cantumkanlah hal-hal yang penting saja. Memang banyak informasi yang harus dicantumkan di sana. Tetapi sebenarnya kamu bisa meringkasnya menjadi lebih sederhana namun tetap berbobot.

Dengan menyederhanakan informasi yang akan kamu sampaikan, maka HRD akan lebih mudah untuk memahami dokumenmu. Jika kamu menyampaikan CV dengan Bahasa yang berbelit-belit, bisa jadi HRD pun malas untuk membuka CV mu yang berlembar-lembar itu.

2. Menciptakan Branding

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menelusuri rekam jejak dari calon pekerjanya melalui sosial media yang mereka gunakan. Mau tidak mau cara ini digunakan untuk mengenal tentang pribadi seseorang. Meskipun tidak 100% dapat dipertanggung jawabkan.

Seperti yang khalayak umum ketahui bahwa sosial media biasanya hanya digunakan untuk menampilkan hal-hal baik dari seseorang. Sedangkan karakter aslinya tidak ada yang pernah benar-benar tahu.

Namun karena hal ini yang digunakan oleh para perusahaan untuk mengenal calon pekerjanya, maka sebaiknya kamu mulai membangun branding yang baik saat bersosial media. Branding ini dapat kamu lakukan dengan mengunggah kegiatan-kegiatan positifmu.

Lalu kamu juga bisa menggunakan kalimat yang menunjukkan tentang pemikiran dewasa seseorang untuk caption dari setiap postinganmu. Selain itu, cobalah bermedia sosial dengan bijak. Komentarlah yang baik-baik dengan bahasa yang baik atau lebih baik diam.

Diam menjadi lebih bijak dilakukan daripada berkata yang tidak baik. Bagaimanapun juga perkataan yang diucapkan seseorang akan menciptakan efek domino, entah sampai mana ujungnya. Apalagi jika mengucapkan yang buruk, hal itu bisa menjadi boomerang untukmu.

Cara lainnya untuk menciptakan branding yang baik yaitu dengan menciptakan tampilan profil yang baik. HRD akan menengok profil media sosialmu untuk mendapatkan gambaran mengenai seperti apakah dirimu itu.

3. E-mail yang Meyakinkan

Saat ini orang lebih banyak melamar pekerjaan secara online melalui e-mail. Ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika kamu menggunakan e-mail untuk mengirimkan dokumen lamaranmu. Satu hal yang dimaksud yaitu alamat e-mail yang tidak lebay.

Jika alamat e-mail mu masih lebay dan sulit dibaca, sebaiknya kamu membuat e-mail yang baru. Lalu untuk alamat e-mail yang baru ini kamu bisa menggunakan namamu sebagai nama penggunanya. Hal ini akan menciptakan sebuah kesan dewasa dan lebih sopan.

4. Dapatkan Rekomendasi

Jika pada awal disebut akan adanya orang dalam. Maka kali ini kita akan membahas orang dalam yang dimaksud tadi. Orang dalam yang dimaksudkan yaitu berwujud rekomendasi. Ketika ada yang merekomendasikanmu maka peluangmu untuk diterima akan lebih besar.

Rekomendasi ini bisa datang dari mana saja. Misalnya yaitu dari partner kerjamu dulu, dosenmu, keluargamu, kerabatmu, temanmu, atau atasanmu di tempat pekerjaanmu sebelumnya.

Sudah menjadi hal yang wajar ketika seseorang akan merasa lebih percaya untuk menyerahkan suatu pekerjaan kepada orang yang dia kenal. Atau setidaknya, orang terdekatnya mengenal bahwa calon pekerjanya ini memiliki track record yang baik.

Jadi jangan heran jika istilah orang dalam sering disebut-sebut sebagai pelancar jika ingin dengan cepat diterima. Terlebih lagi jika orang yang direkomendasikan itu berkompeten dan memiliki track record yang baik.

Karena memang hal tersebut dirasa lebih aman bagi seseorang untuk mempercayakan urusan perusahaannya kepadanya. Dibandingkan dia harus menyerahkann pada orang yang tidak dikenal rekam jejak maupun kompetensinya.

Itulah empat hal yang harus kamu perhatikan ketika akan melamar. Terapkanlah metode ATM pada contoh surat lamaran pekerjaan dan CV terbaikmu. Lalu gunakanlah alamat e-mail yang meyakinkan untuk mengirimkan dokumen lamaranmu agar peluang diterima semakin besar.

You May Also Like

About the Author: admin